Rabu, 16 Agustus 2017

Mystery in Dan 9:24-26(2)

Part-2


Mengapa saya cenderung mengartikan "masa" pada Dan 9:24-26 sebagai "weeks" dan bukan year?
"masa" dalam Dan 9:24 mempunyai nomor referensi
h7620. שָׁבוּעַ šâḇûa‘; or שָׁבֻעַ shabuan; also (feminine) שְׁבֻעָה shbu‘ah; properly, passive participle of 7650 as a denominative of 7651; literal, sevened, i.e. a week (specifically, of years): — seven, week.

Bandingkan degan Daniel 12:7
Lalu kudengar orang yang berpakaian kain lenan, yang ada di sebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: "Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!"

Satu masa, dan dua masa dan setengah masa...

"masa" disini memakai nomor referensi yang berbeda.
h4150. מוֹעֵד mô‘êḏ; or מֹעֵד moled; or (feminine) מוֹעָדָה moweadah(2 Chronicles 8:13), mo-aw-daw«; from 3259; properly, an appointment, i.e. a fixed time or season; specifically, a festival; conventionally a year; by implication, an assembly (as convened for a definite purpose); technically the congregation; by extension, the place of meeting; also a signal (as appointed beforehand): — appointed (sign, time), (place of, solemn) assembly, congregation, (set, solemn) feast, (appointed, due) season, solemn(-ity), synogogue, (set) time (appointed).

Pada ayat ini, para teolog "sepakat" bahwa "masa" disini adalah sama dengan "tahun" ==> Untuk mendapatkan angka 3.5 tahun...
Masalah ini akan kita bahas terpisah.

Jadi, "masa" dalam Dan 9:24-26 tidak bisa diterjemahkan sebagai "tahun", sebab dalam kitab bahasa Ibrani, memakai kata "sabua" or "savua", yang artinya adalah weeks.

Mari kita lanjutkan...
Ayat 25
Know therefore and understand, that from the going forth of the commandment to restore and to build Jerusalem unto the Messiah the Prince shall be seven weeks, and threescore and two weeks: the street shall be built again, and the wall, even in troublous times.

Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.

Seven weeks - three score and two weeks
H8346 : Three score = 60

7 Minggu - 60 minggu - 2 minggu.
9:26
And after threescore and two weeks shall Messiah be cut off, but not for himself: and the people of the prince that shall come shall destroy the city and the sanctuary; and the end thereof shall be with a flood, and unto the end of the war desolations are determined.

Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.

Alkitab bahasa Indonesia agak "membingungkan" dengan mengatakan "disingkirkan seorang yang telah diurapi" ...  Siapa ?
Mengapa tidak memakai kata Mesias saja?
Ada 53x kata Mesias disebutkan dalam PB.

KJV memakai kata "Messiah", dan bila kita check strong Bible number = h4899. מָשִׁיחַ mâšiyaḥ; from 4886; anointed; usually a consecrated person (as a king, priest, or saint); specifically, the Messiah: — anointed, Messiah.

Memang arti sebenarnya adalah Messiah / Mesias.
dan yang berhak memakai predikat "Mesias" hanyalah Yesus. Tidak bisa yang lain.

Berarti Dan 9:24-26 benar-benar menubuatkan tentang Yesus.

Lanjut...
After three scoreand two weeks...
Sesudah keenampuluhdua kali tujuh masa...
= 62 Minggu.
Messiah be cut off... (dilenyapkan, dibinasakan)

Yesus disalibkan pada Minggu ke-62 sejak mulai pelayanan Nya.

Kalau kita lihat ada satu perioda lagi yang belum selesai.
Seven weeks - three score and two weeks

Perioda Seven weeks..
Ingatkah kita bahwa dalam PL, Pada waktu Perayaan Roti Tidak Beragi, setelah Sabat, Israel disuruh Tuhan untuk menghitung "omer" (Counting the Omer) selama 7 minggu ?

Ima 23:15-16
Kemudian kamu harus menghitung, mulai dari hari sesudah sabat itu, yaitu waktu kamu membawa berkas persembahan unjukan, harus ada genap tujuh minggu; sampai pada hari sesudah sabat yang ketujuh kamu harus hitung lima puluh hari; lalu kamu harus mempersembahkan korban sajian yang baru kepada TUHAN.

Hari ke-50 : Dirayakan sebagai perayaan Shavuot.
Dalam Perjanjian Baru, dikenal sebagai Pentakosta.

Bila kita teliti perjalanan Israel keluar dari tanah Mesir, pada malam hari setelah melakukan Paskah, maka "diperkirakan" (karena tidak dirinci dalam Alkitab) bahwa Tuhan menurunkan "The Ten Commandments" pada hari ke-50 setelah Passover.

Jejaknya...
Israel merayakan Paskah : 14 Nisan. (Bulan Abib)
Ima 23:5
Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.

Kel 16:1
Setelah mereka berangkat dari Elim, tibalah segenap jemaah Israel di padang gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan gunung Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua, sejak mereka keluar dari tanah Mesir.

Mereka Tiba di padang gurun Sin pada BULAN KEDUA, HARI ke-15
Bulan dalam kalender Yahudi bisa 29 atau 30 hari.
14 Nisan sampai bulan ke-2 hari ke 15, sekitar sebulan penuh.

Kel 19:1
Pada bulan ketiga setelah orang Israel keluar dari tanah Mesir, mereka tiba di padang gurun Sinai pada hari itu juga.

In the third month, when the children of Israel were gone forth out of the land of Egypt, the same day came they into the wilderness of Sinai.

Saya akan coba copy paste ayat yang sama, dengan memakai ESV (English Standard Version)

On the third new moon after the people of Israel had gone out of the land of Egypt, on that day they came into the wilderness of Sinai.

Kalimat ini lebih "make sense" karena kita harus memahami pola pikir Yahudi mengenai penanggalan, tidak seperti dunia modern sekarang. 

Israel keluar dari tanah Mesir pada bulan pertama, tgl 15 Nisan.
Bulan Baru ke-2 adalah tanggal 1 bulan Iyar.
Bulan Baru ke-3 adalah tanggal 1 bulan Sivan.


Kel 19:2
Setelah mereka berangkat dari Rafidim, tibalah mereka di padang gurun Sinai, lalu mereka berkemah di padang gurun; orang Israel berkemah di sana di depan gunung itu.

Setelah mereka berkemah (termasuk Musa), kemudian Musa naik ke Gunung Sinai, untuk bertemu TUHAN.
Berapa hari mereka mendirikan kemahnya?
Ini yang tidak disebutkan didalam Alkitab.
Mereka mendirikan kemah untuk 3 juta orang Israel.

Kel 19:9-11
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan datang kepadamu dalam awan yang tebal, dengan maksud supaya dapat didengar oleh bangsa itu apabila Aku berbicara dengan engkau, dan juga supaya mereka senantiasa percaya kepadamu." Lalu Musa memberitahukan perkataan bangsa itu kepada TUHAN. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah kepada bangsa itu; suruhlah mereka menguduskan diri pada hari ini dan besok, dan mereka harus mencuci pakaiannya. Menjelang hari ketiga mereka harus bersiap, sebab pada hari ketiga TUHAN akan turun di depan mata seluruh bangsa itu di gunung Sinai.

Dari 15 Nisan s/d bulan baru yang ke-3 : 44-45 hari. (misal kita ambil 45 hari)

Setelah mereka berkemah, TUHAN memerintahkan bangsa Israel untuk menguduskan diri selama 2 hari, dan pada hari ke-3, Tuhan akan turun didepan mata seluruh bangsa Israel.

Proses mendirikan kemah (kira-kira) : 2 hari (untuk 3 juta orang)...
Masing-masing keluarga mendirikan kemahnya.
Menguduskan diri selama 2 hari...
Kel 19:10-11
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah kepada bangsa itu; suruhlah mereka menguduskan diri pada hari ini dan besok, dan mereka harus mencuci pakaiannya. Menjelang hari ketiga mereka harus bersiap, sebab pada hari ketiga TUHAN akan turun di depan mata seluruh bangsa itu di gunung Sinai.
45 + 2 + 2 = 49...

TUHAN turun didepan seluruh bangsa Israel dan memberikan 10 Perintah Nya, pada hari ke-50

Back to the subject....

Yesus disalibkan pada Minggu ke 62.
Tepat saat Paskah, 14 Nisan.
Bangkit 3 hari kemudian.

Kis 2:1-3
Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing
Bandingkan dengan ini
Kel 19:16-18
Dan terjadilah pada hari ketiga, pada waktu terbit fajar, ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung dan bunyi sangkakala yang sangat keras, sehingga gemetarlah seluruh bangsa yang ada di perkemahan. Lalu Musa membawa bangsa itu keluar dari perkemahan untuk menjumpai Allah dan berdirilah mereka pada kaki gunung. Gunung Sinai ditutupi seluruhnya dengan asap, karena TUHAN turun ke atasnya dalam api; asapnya membubung seperti asap dari dapur, dan seluruh gunung itu gemetar sangat.

Pentakosta ...
Hri ke-50, ke-50 dari mana ? dari Paskah.
Roh Kudus diturunkan, mengakhiri pelayanan Yesus di dunia, dan digantikan oleh Roh Kudus, pada hari ke-50 setelah Passover

10 Perintah Tuhan yang tertulis dalam Loh Batu, diberikan (diperkirakan) pada hari ke-50 setelah Passover.

Anda sudah melihat hubungannya ?

1Cor 6:19
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,--dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?
Perhatikan nubuatan penting ini..
Yer 31:31-33
Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN. Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Saat Shavuot (Pentakosta di Sinai) : Tuhan memberikan 10 Perintah Tuhan yang tertulis dalam loh batu.
Saat Pentakosta (Kisah Para Rasul 2) : Tuhan memberikan Roh Kudus yang menuntun kita dan mengajarkan perintah Tuhan didalam hati kita.

Inilah makna Pentakosta yang sesungguhnya.
Tuhan menulis Taurat-Nya (Instruksi-Nya, Petunjuk-Nya, Aturan-Aturan Nya) didalam hati kita.

Next, kita akan membahas ayat Yoh 6:4 yang menjadi tolok ukur perhitungan teolog bahwa pelayanan Yesus itu 3.5 tahun, dan mari kita buktikan bahwa pendapat itu keliru.

GBU.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar