Selasa, 15 Agustus 2017

Mystery in Dan 9:24-26(1)

Part-1

Daniel 9:24-26
  • 24. Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
  • 25. Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
  • 26. Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.

3 ayat dalam kitab Daniel ini masih menyimpan misteri sampai hari ini, karena berbagai macam ulasan dari para hamba Tuhan menyimpulkan 2 main stream utama dalam mengartikan angka-angka tersembunyi yang ada didalam ayat ini.

Ada yang menyimpulkan 1 masa itu sama dengan 1 hari, tetapi ada juga yang mengatakan 1 masa adalah sama dengan 1 tahun.
Atau mungkin malaikat Tuhan memberi pesan ganda?
Bisa diartikan 1 hari, tetapi bisa juga diartikan 1 tahun...


Saya mau mencoba menelaahnya dengan mengartikan 1 masa adalah 1 hari.
Mari kita baca pelan-pelan 3 ayat itu satu persatu.


Daniel 9:24
Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.


70 x 7 masa (hari) = 490 hari = 70 minggu (70 weeks)
Cocok dengan terjemahan versi King James


Seventy weeks are determined upon thy people and upon thy holy city, to finish the transgression, and to make an end of sins, and to make reconciliation for iniquity, and to bring in everlasting righteousness, and to seal up the vision and prophecy, and to anoint the most Holy.

Untuk apa ditetapkan 70 minggu itu ?


  • To finish the transgression (mengakhiri pelanggaran) apa yg dilanggar. Besar kemungkinan yang dilanggar adalah Firman Tuhan / ketetapan Tuhan / Torah Tuhan
  • To make an end of sins : untuk mengakhiri dosa. Menurut 1 Yoh 3:4, dosa ialah pelanggaran terhadap aturan Tuhan (transgression of the law)
  • To make reconciliation for iniquity : Rekonsiliasi dengan "iniquity" ? What is "iniquity"?. Pada strong Bible, memakai nomor : h5771. עָוֹן ‘âôn; or עָווֹן ‘avown (2 Kings 7:9; Psalm 51:5 (7)), aw-vone«; from 5753; perversity, i.e. (moral) evil: — fault, iniquity, mischeif, punishment (of iniquity), sin. Reconciliation memakai strong number : h3722. כָּפַר ḵâp̱ar; a primitive root; to cover (specifically with bitumen); figuratively, to expiate or condone, to placate or cancel: — appease, make (an atonement, cleanse, disannul, forgive, be merciful, pacify, pardon, purge (away), put off, (make) reconcile(-liation). Reconciliation for iniquity = menghapuskan kesalahan, membersihkan pelanggaran, mengampuni kesalahan.
  • To bring everlasting righteousness : mendatangkan keadilan yang kekal. Kata "righteousness" memakai strong number h6664. צֶדֶק ṣeḏeq; from 6663; the right (natural, moral or legal); also (abstractly) equity or (figuratively) prosperity: — x even, (x that which is altogether) just(-ice), ((un-))right(-eous) (cause, -ly, -ness). Everlasting Righteousness = Kebenaran Kekal
  • To seal up the vision and prophecy : Untuk memeteraikan penglihatan dan nubuatan. Artinya nubuatan dan penglihatan dalam seluruh Perjanjian lama itu sudah di meterai (seal) - tidak bisa diganggu gugat lagi dan akan digenapi pada masa 70 minggu itu.
  • To anoint the most Holy. Mengurapi yang Maha Kudus.

Coba kita renungkan sebentar, siapa yang dimaksudkan Daniel dalam ayat 24 ini?
Kalau kita teliti satu persatu, maka kita akan bisa menarik kesimpulan bahwa yang dibicarakan Daniel adalah Yeshua (Tuhan Yesus)


Persoalan besarnya adalah :
Gereja sampai saat ini mempercayai bahwa pelayanan Tuhan Yesus di dunia dilakukan selama 3.5 tahun.


Bila Daniel 9:24 adalah penggenapan kedatangan Yesus, maka konsekuensinya, pelayanan Tuhan Yesus di dunia ini DIA lakukan selama 70 Minggu (weeks) dan bukan 3.5 tahun.
Kalau "harus" 3.5 tahun, maka Dan 9:24 itu menubuatkan siapa?


Saya pernah men-challenge hal ini di group FB, tetapi banyak ditentang oleh hamba-hamba Tuhan (yang membaca tulisan saya). Kita perlu menyelidiki dan meneliti kembali Alkitab kita untuk mendapatkan jawaban di akhir zaman in, karena Firman Tuhan mengatakan, perkataan-perkataan Tuhan didalam kitab Daniel banyak yang disembunyikan dan di meterai sampai akhir zaman. Artinya, bisa jadi rahasia kitab Daniel akan terbuka pada akhir zaman ini.

Dan 12:9-10
Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman. Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.


to be continued in Part-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar